Bagaimana mengubah blog WordPress menjadi MESIN UANG yang MEMATIKAN !! Tutorial komplit dilengkapi Software dan Script Siap Pakai
Vist Lovebird Mania, the website dedicated to Lovebirds

Selasa, 08 September 2009

Dari keterikatan ke kebebasan

Apakah anda bebas atau anda terikat? Tidak ada keadaan lain di antaranya. Burung terikat selama dia berada dalam sangkar. Tidak peduli sangkarnya terbuat dari kayu murah atau dari logam murni, sangkar tetaplah sangkar. Anda tidak dapat berpesta, anda harus menunda semua rencana perayaan-perayaan anda, sampai anda bebas. Budak adalah budak, ‘perayaan’ tidak dapat menjadi nasibnya. Pembebasan dulu dan baru kemudian perayaan.

Tetapi, ijinkan saya ingatkan anda – anda bukan budak. Pembudakan anda adalah imajinasi anda sendiri. Itu adalah ilusi. Carilah celah sempit yang terbuka. Melompatlah ke luar, terbanglah ke luar, karena kebebasan menunggu anda. Tetapi mungkin anda telah terbelenggu demikian lama sehingga sekarang anda takut bebas. Ketika anda masih terbelenggu, anda selalu bermimpi akan kebebasan. Sekarang begitu kebebasan berada di ambang pintu, sekarang begitu kebebasan hanya selangkah lagi, anda justru menjadi takut. Anda takut menghadapi kebebasan.

Bebaskan diri anda dari rasa takut. Rasa takut membuat anda lemah. Rasa takut membuat anda menjadi begitu lemah, sehingga tidak mempunyai kekuatan lagi untuk membebaskan diri dari perbudakan. Bebaskan diri anda dari perbudakan yang mengecoh ini. Pahamilah, perbudakan ini adalah kreasi anda sendiri. Itu suatu ilusi, suatu imajinasi. Keterikatan anda, obsesi anda – semuanya ini telah menciptakan sangkar, tempat anda tinggal. Bebaskan anda dari keterikatan ini. Ini bukan cinta kasih. Lepaskan diri anda.

Selama anda terikat, anda terikat dalam sangkar, kebebasan hanya merupakan suatu impian. Jika anda senang dengan situasi seperti ini, jangan mengeluh lagi. Jangan mengharapkan kebebasan. Lalu, nikmatilah keterikatan anda. Lalu, jadikan sangkar anda dunia anda. Jangan mimpikan dunia luar.

Lalu jangan berpikir tentang kebebasan. Lalu cintailah keteriktan. Tetapi ingat, ini bertentangan dengan keadaan alami anda. Perbudakan tidak ada hubungannya dengan sifat sejati anda. Setelah beberapa waktu anda akan mulai mengadu lagi. Suatu hari anda akan mulai bermimpi tentang kebebasan lagi.

Lalu, mengapa menunda kebebasan anda sendiri? Mengapa anda tangguhkan? Mulailah perjalanan anda menuju sesuatu yang baru, yang belum anda ketahui. Bebaskan diri anda, karena hanya lewat kebebasan anda dapat mengubah hidup anda menjadi perayaan. Sekali lagi, saya ulangi, perbudakan, penjajahan hanya merupakan imajinasi anda. Bebaskan diri anda. Ini bukan sesuatu yang mustahil. Tidak, jangan membiarkan kebebasan hanya menjadi sebagai suatu kemungkinan. Nyatakan kebebasan anda sekarang juga pada kesempatan ini.


sumber:Sumber: dari buku berjudul Kehidupan – panduan untuk meniti jalan ke dalam diri - oleh Anand Krishna

0 komentar:

Posting Komentar