Bagaimana mengubah blog WordPress menjadi MESIN UANG yang MEMATIKAN !! Tutorial komplit dilengkapi Software dan Script Siap Pakai
Vist Lovebird Mania, the website dedicated to Lovebirds

Selasa, 08 September 2009

Melampaui kelahiran dan kematian.

Jadilah kreatif dan ingat kreativitas itu selalu asli. Kreativitas tidak pernah merupakan imitasi. Begitu anda meniru, anda berhenti hidup. Anda menuju kematian yang tak bertujuan. Jika hidup tidak kreatif, tidak asli, akan menjadi sia-sia, karenanya kematian menjadi sia-sia juga. Jika anda kreatif, asli – kemudian dan hanya kemudian – anda dapat hidup secara kreatif dan sepenuhnya, dan hidup sepenuhnya ini akan mengantar anda ke kematian yang bermakna, kemudian kematian tidak lagi tak bertujuan, kemudian kematian membuka batas-batas baru bagi anda, cakrawala yang mengasyikkan. Kematian akan membuka batas-batas yang belum pernah anda mimpikan sebelumnya. Anda memasuki dunia yang sama sekali baru. Kematian mengantar anda ke penyempurnaan, ke tingkat kreativitas yang tertinggi, tingkat keaslian yang tak terbanding, di mana tidak ada dualitas lagi.

Selama ini anda pikir anda mencintai kehidupan. Tidak benar. Yang anda cintai bukan kehidupan, tetapi hanya satu sisi kehidupan. Yang anda cintai hanyalah kelahiran. Anda tidak suka dengan kematian. Anda takut mati, padahal baik kelahiran maupun kematian merupakan dua sisi kehidupan.


Anda selalu membelah, membeda-bedakan antara yang panas dan yang dingin, yang baik dan yang buruk, suka dan duka, gelap dan terang. Anda selalu hidup dalam dualitas dan dualitas tidak pernah membuat anda kreatif, tidak dapat membuat anda hidup sepenuhnya.

Anda terpaut dengan ide bahwa surga adalah sebuat tempat di mana semuanya bahagia dan neraka tempat orang menderita selamanya. Kedua ide tersebut jauh dari kenyataan. Anda memanjat bukit hari ini; ini mungkin membawa anda ke puncak, tetapi anda harus juga turun, anda harus turun lagi untuk menghadapi hidup. Tidak, surgs seperti itu dan neraka seperti ini hanya merupakan khayalan anda.

Saya tidak berbicara tentang sifat dualitas, tentang perbedaan antara kelahiran dan kematian, antara terang dan gelap, antara siang dan malam, antara panas dan dingin. Bukan. Konsep saya tentang dunia tersebut, tentang keadaan yang abadi itu jauh dari sifat-sifat berlawanan dan dualitas. Kebahagiaan hanyalah jarak antara dua saat penderitaan yang bergantian, dan penderitaan demikian juga, sebuah celah sementara antara dua saat kebahagiaan. Tak satu pun dari mereka adalah permanen, tidak juga abadi.

Ingat, saya tidak menggunakan bahasa kiasan dan saya tidak menggunakan bahasa sastra yang kadang sulit dipahami. Sya berkata dalam bahasa jelas dan sederhana, sehingga anda mudah memahami saya.

Jangan salah paham, jangan disalah artikan kata-kata saya. Usahakan tidak menafsirkan saya, penafsiran anda menjadi latihan intelektual bagi anda untuk mensyukuri dan memuaskan ego anda. Ini hanya akan menjadi salah tafsir.

Satu-satunya kata yang mendekati konsep saya tentang dunia tersebut, adalah kata Sansekerta Ananda. Kabahagiaan Ilahi, Tertinggi, Luhur, melampaui sifat-sifat berlawanan dan segala macam dualitas.

Tetapi, ijinkan saya membuat diri saya menjadi sangat jelas. Ananda ini tidak dapat menjadi takdir anda jika anda tidak hidup sepenuhnya. Untuk melampaui sifat berlawanan antara kelahiran dan kematiaan, anda harus menyelami kehidupan dulu. Hanya dengan menyelaminya dahulu anda dapat melampuainya. Tidak ada jalan lain. Terimalah hidup dengan semua dualitasnya dahulu. Dan ingat, pendekatan anda terhadap kehidupan harus asli, harus unik. Itu harus memberikan cap yang tidak keliru atas kreativitas anda. Jangan biarkan hidup anda menjadi imitasi kehidupan orang lain, baik itu Krishna, Kristus, Muhammad atau Mahavira, Buddha atau Baba. Jangan menyalah-artikan apa yang sedang saya katakan. Belajarlah dari kehidupan mereka. Yang mampu anda lakukan, dengan sepenuh hati lakukanlah. Tetapi, jangan menirunya- temukan cara pendekatan anda sendiri, metode anda sendiri, dengan gaya anda sendiri.

Lihatlah sekeliling, tidak ada pengulangan kreasi di sekitar anda. Tidak ada dua wajah yang sama. Tidak ada dua jenis bunga yang beraroma sama. Tidak ada dua pohon dnegn bentuk sama. Belajarlah dari alam, dari kreasi sekitar anda. Sekali lagi jadilah asli!

Terimalah hidup dengan semua sifat berlawanannya, kemudian dan hanya kemudian anda dapat menerima kematian dengan semua misterinya. Masukilah kedua sifat berlawanan kehidupan dan lampauilah mereka. Kemudian dan hanya kemudian anda dapat mencapai Ananda.

Sumber: dari buku berjudul Kehidupan – panduan untuk meniti jalan ke dalam diri - oleh Anand Krishna

0 komentar:

Posting Komentar